Sejarah Permainan Sepak Bola

Written by on ,
Sebagian besar masyarakat dunia saat ini merupakan penggemar dari olahraga sepak bola, karena itulah sepak bola menjadi olahraga yang paling digemari seantero dunia. Tapi tahukah Anda jika sebenarnya sepak bola sudah ada sejak 2000 sampai 3000 tahun yang lalu? Sebagai salah satu penggemar sepak bola mari kita ungkit kembali sejarah sepak bola. Berikut ini adalah sejarah lengkap dari permainan sepak bola.

Sejarah Permainan Sepak Bola

Sepak Bola Pertama Berkembang di Cina

Sejarah sepak bola dimulai sejak abad ke-2 - 3 SM di Cina. Di masa Dinasti Han tersebut, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil dan disebut dengan tsu chu. Permainan ini bertujuan untuk melatih fisik tentara dan saat kaisar ulang tahun. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Pada abad ke-2 SM, Orang Mesir Kuno dan Timur Tengah memainkan sepak bola sebagai bagian dari ritual keagamaan. Hanya sedikit dokumen yang mendukung hipotesis ini.



Pada abad pertama hingga kelima Masehi, Bangsa Romawi mulai menyebarkan permainan ini yang mereka sebut sebagai haspartum. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terutama mulai abad ke-16.

Sepak Bola Pernah Dilarang

Sepak bola modern mulai berkembang di Inggris dan menjadi sangat digemari. Sekitar tahun 217 M, Orang Inggris mulai memainkan sepakbola. Di beberapa kompetisi, permainan ini menimbulkan banyak kekerasan selama pertandingan sehingga akhirnya Raja Edward III melarang olahraga ini dimainkan pada tahun 1365. Raja James I dari Skotlandia juga mendukung larangan untuk memainkan sepak bola. Barulah pada tahun 1369, Raja Edward III meneruskan permainan ini.

Richard Mulcaster mengadopsi calcio dari Florence ini untuk diajarkan di sekolah-sekolah dasar dan menengah di Inggris. Akan tetapi pada tahun 1572, Ratu Elizabeth I serius melarang sepakbola dan menyediakan penjara bagi rakyatnya yang memaksa bermain. Perkembangan sepakbola di Inggris berlanjut pada 1680, ketika Raja Charles II memberikan perlindungan kepada sepakbola.

Awal Bangkitnya Sepak Bola Modern

Pada tahun 1815, sebuah perkembangan besar menyebabkan sepak bola menjadi terkenal di lingkungan universitas dan sekolah. Sepakbola mulai dimainkan di universitas-universitas Amerika Serikat seperti Harvard, Princenton, Amherst sekitar tahun 1820-an. Sepakbola modern mulai tumbuh sekitar 1830-an. Olahraga ini dimainkan oleh para pekerja saat istirahat atau oleh anak-anak yang bermasalah di rumah atau sekolah.

Kelahiran sepak bola modern terjadi di Freemasons Tavern pada tahun 1863 ketika 11 sekolah dan klub berkumpul dan merumuskan aturan baku untuk permainan tersebut. Bersamaan dengan itu, terjadi pemisahan yang jelas antara olahraga rugby dengan sepak bola (soccer).Pada tahun 1869, membawa bola dengan tangan mulai dilarang dalam sepak bola. Selama tahun 1800-an, olahraga tersebut dibawa oleh pelaut, pedagang, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia. Pada tahun 1904, asosiasi tertinggi sepak bola dunia (FIFA) dibentuk dan pada awal tahun 1900-an, berbagai kompetisi dimainkan diberbagai negara.

Sepak Bola Menjadi Olahraga dengan Peminat Terbanyak

Saat ini sepak bola telah menjadi olahraga dengan penggemar dan peminat paling banyak, setiap benua setidaknya memiliki sebuah induk sepak bola dan tentunya sangat banyak kompetisi-kompetisi sepak bola sekarang ini. Salah satu yang paling mengguncang dunia adalah piala dunia yang berlangsung empat kali setahun.

Nah, sekianlah pembahasan kita mengenai sejarah sepak bola dunia, semoga dapat bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment