Sejarah Tolak Peluru Dunia Lengkap

Written by on ,
Dalam pelajaran olahraga atau penjas ada materi mengenai tolak peluru. Mengenai tolak peluru, sewaktu saya belum tahu apa-apa tentang olahraga ini hanya mengenal namanya saya mengira olahraga tolak peluru adalah menahan/menolak peluru dalam hal ini peluru senapan, tapi setelah mengkaji lebih jauh ternyata peluru yang digunakan berupa bola besi dengan berat tertentu.

Tapi tahukah Anda jika sebelumnya pada sejarah tolak peluru bertahun-tahun lalu menggunakan batu, untuk menguji kekuatan pria-pria Britania. Ya, kali ini kita akan coba mendalami mengenai sejarah dari tolak peluru.

Sejarah Tolak Peluru Lengkap

Pada kesempatan berbahagia ini akan saya uraikan sejarah perkembangan tolak peluru di dunia.
Sejarah Tolak Peluru Dunia Lengkap
Sejarah Tolak Peluru Dunia Lengkap

Sejarah Tolak Peluru Dunia

Dalam sejarahnya ternyata tolak peluru telah ada sejak 2000 tahun lalu. Olahraga tolak peluru populer di kalangan pria Britania atau Inggris untuk menguji kekuatan para pria. Peluru yang digunakan masih berupa batu bukan bola besi seperti halnya sekarang ini. Di zaman pertengahan, meriam adalah salah satu senjata paling mematikan. Dari peluru meriam inilah inspirasi dari tolak peluru modern, yakni perlombaan melempat peluru meriam sejauh mungkin. Pada tahun 1866 tolak peluru mulai diperlombakan dalam kejuaraan amator. Barulah pada tahun 1896 olahraga tolak peluru dimasukkan dalam perlombaan olahraga skala besar yakni di Olimpiade Athena, Yunani.



Kemajuan terbesar dalam olahraga tolak peluru terjadi di tahun1950, ketika Parry O'Brien memulai tolakannya menghadap bagian belakang ring, metode ini dikenal sebagai metode O'Brien atau lebih di kenal dengan teknik meluncur. Teknik yang mendapat popularitas adalah teknik berputar yang menggunakan lemparan cakram melintasi ring tolak peluru bukan bergerak ke arah belakang yang telah dilakukan oleh O'Brien dan kedua teknik ini sama-sama mencapai keberhasilan.

Mungkin sampai disitulah pokok bahasan kita perihal sejarah tolak peluru dunia, semoga artikel tolak peluru ini bersifat informatif dan bisa menambah wawasan Anda.

No comments:

Post a Comment