Pengertian Olahraga Lompat Jauh

Written by on ,
Setiap orang yang memiliki fisik sempurna mampu untuk berjalan, berlari, melempar, dan melompat. Kemampuan ini dikategorikan dalam cabang olahraga atletik dimana masih banyak hiponim dari cabang-cabang olahraga atletik ini.

Salah satunya adalah lompat jauh, kali ini kita akan fokus seputar olahraga lompat jauh. Mulai dari pengertian lompat jauh, sejarah lompat jauh, teknik dasar lompat jauh, gaya lompat jauh, sampai pada gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya. Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Olahraga Lompat Jauh

Pengertian olahraga lompat jauh adalah berpindah tempat dengan satu kaki dengan melompat sejauh-jauhnya. Pengertian dasar lompat jauh ini dirangkaikan dalam berbagai kosakata lain atau kalimat lain namun intinya ada pada perpindahan dengan satu kaki dan melompat sejauh mungkin.
Pengertian Olahraga Lompat Jauh

Selain pengertian lompat jauh kita akan mengulas tentang sejarah lompat jauh, teknik dasar lompat jauh, dan seterusnya.

 

Sejarah Lompat Jauh

Sejarah lompat jauh telah bermula sejak sekitar 13 abad yang lalu. Olahraga ini sudah ada sejak tahun 708 Masehi ketika ada Olimpiade Kuno di Yunani. Lompat jauh merupakan satu-satunya event lompat yang dilombakan dalam Olimpiade Kuno. Menurut catatan yang ada, olahraga lompat jauh pernah dilakukan oleh peserta Sparta dengan panjang lompatan sejauh 7,05 meter. Lihat artikel selengkapnya

Gambar dan ukuran Lapangan Lompat Jauh

Lapangan lompat jauh menggunakan bak pasir ukuran 10 x 2.75 m ditambah dengan lintasan lari sepanjang 45 m dan papan lompat ukuran 1.22 x 0,2 x 0,0 5 m. Untuk bak pasir usahakan pasir yang digunakan adalah pasir yang halus dan bebas dari kerikil tajam agar saat mendarat tidak mencederai pelompat. Artikel mengenai gambar lapangan lompat jauh beserta ukurannya.

Teknik Dasar Lompat Jauh

Teknik dasar lompat jauh terdiri atas awalan, tolakan, melayang di udara, dan pendaratan. Berikut uraiannya dibahas di teknik dasar lompat jauh

Gaya Lompat Jauh

Macam-macam gaya lompat jauh diantaranya gaya jongkok, gaya menggantung di udara, dan gaya berjalan di udara. berikut pembahasan mengenai gaya lompat jauh

Lengkap bukan pembahasan mengenai cabang olahraga lompat jauh? Mulai dari pengertian lompat jauh, sejarah lompat jauh, dan sebagainya. Saya harap artikel tentang lompat jauh ini bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment