Pengertian Permainan Bola Voli Lengkap

Written by on ,
Permainan Bola Voli adalah salah satu cabang olahraga yang banyak ditemukan dilingkungan masyarakt, baik itu di daerah perkotaan maupun di pedesaan. Tingkat kecintaan masyarakat pada permainan bola voli karena permainan ini cukup mudah untuk dimainkan dan pastinya menyehatkan.

Permainan bola voli yang dimainkan menggunakan tangan ini memiliki pengertian, sejarah, gambar lapangan, peraturan dan sebagainya. Segala hal yang berkaitan dengan permainan bola voli akan dibahas di bawah.

Pengertian Permainan Bola Voli Lengkap

Pengertian

Permainan bola voli adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua regu yang bertujuan untuk menjatuhkan bola voli ke daerah lawan menggunakan tangan. Jumlah pemain dalam satu regu yakni terdiri atas enam orang adapun pembagiannya akan dibahas di peraturan permainan bola voli.
Pengertian Permainan Bola Voli Lengkap
Pengertian Permainan Bola Voli Lengkap

Sejarah Singkat

William G. Morgan adalah orang penting dibalik terciptanya permainan bola voli. William B. Morgan sendiri adalah seorang pembina pendidikan jasmani pada Young Men Christain Association (YMCA).

Karena perkembangan permainan bola voli yang begitu cepat maka YMCA mulai mengadakan kejuaraan bola voli secara nasional. Kemudian permainan bola voli  ini menyebar ke seluruh dunia. Pada tahun 1974, pertama kali bola voli dipertandingkan di Polandia dengan peserta yang cukup banyak. Baca lebih lanjut sejarah bola voli lengkap.


Gambar dan Ukuran Lapangan

Bisa kita lihat gambar lapangan voli di bawah yakni memiliki ukuran 18 x 9 m, dengan terbagi atas dua area. Dalam satu area terdapat garis serang tempat spiker untuk melakukan smash dan juga blocker melakukan block, garis serang memiliki ukuran 3 meter. Di belakang lapangan terdapat area servis untuk memulai permainan voli. Baca secara lengkap gambar lapangan bola voli beserta ukurannya.

Peraturan

Peraturan bola voli terdiri atas formasi pemain, tempo, pelanggaran, angka, sistem pertandingan, serta kesalahan dalam permainan bola voli. Selengkapnya baca di peraturan bola voli terbaru.

Teknik Dasar

Teknik dasar permainan bola voli terbagi atas servis, passing, smash, dan blok. Untuk penejelasan lengkap kunjungi teknik dasar permainan bola voli.

Simple bukan ulasan mengenai permainan bola voli, Anda bisa menjadikan artikel ini sebagai bahan untuk membuat makalah tentang bola voli. 


No comments:

Post a Comment