Pengertian Permainan Sepak Bola

Written by on ,
Permainan sepak bola telah menjadi tren dunia, bahkan menjadi olahraga paling populer sejagat dengan penggemar lebih dari separuh penduduk bumi. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa sangat senang menonton permainan sepak bola apalagi memainkannya secara langsung. Itulah mengapa sepak bola bisa menandingi kepopuleran dari cabang olahraga-olahraga lainnya.

Dari semua orang yang gemar bahkan gila bola tidak menutup kemungkinan mereka paham dan mengerti mengenai pengertian sepak bola. Banyak orang-orang yang bila disuruh main bola, ya bisa. Kalau disuruh untuk menyebut nama-nama pemain sepak bola, hafal. Tapi ketika ditanya mengenai pengertian sepak bola, mereka mengada-ada. Oleh karenanya saya akan mengulas mengenai pengertian permainan sepak bola.

Pengertian Permainan Sepak Bola

Pengertian Permainan Sepak Bola

 

Pengertian Sepak Bola

Pengertian sepak bola adalah cabang olahraga yang menggunakan bola yang terbuat dari bahan kulit dan dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang pemain inti dan sebagian pemain cadangan dengan tujuan mencetak gol sebanyaknya ke gawang lawan masing-masing.

Sejarah Sepak Bola

Sejarah sepak bola ternyata telah dimulai sejak, abad 2 SM di daerah Tiongkok dan berbagai daerah lainnya. Dari masa ke masa sepak bola mengalami evolusi, hingga saat ini menjadi olahraga terpopuler di dunia. Sejarah lengkap sepak bola bisa di akses di http://olahraga.smansax1-edu.com/2015/01/sejarah-permainan-sepak-bola.html

Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola terhitung luas dengan panjang sekitar 90-120m dan lebar 45-90m. Lihat gambar dan ukuran lapangan sepak bola lengkap.

Tenik Dasar Sepak Bola

Teknik dasar sepak bola harus dikuasai agar memiliki permainan yang baik, berikut teknik-teknik dasar permainan sepak bola. 
  • Menendang (kicking),
  • Menghentikan atau Mengontrol (controlling),
  • Menggiring (dribbling),
  • Menyundul (heading),
  • Merampas (tackling),
  • Lemparan Kedalam (throw – in)
  • Menjaga Gawang (Goal Keeping
Untuk penjelasannya bisa dibaca lebih lanjut di Teknik Dasar Sepak Bola

Peraturan Permainan Sepak Bola

Untuk melakukan penyetaraan permainan sepak bola secara global FIFA sebagai badan tertinggi sepak bola dunia membuat peraturan resmi sepak bola. Peraturan ini terbagi atas 17 poin dan telah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Baca di Peraturan Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola memang mampu menghipnotis para penonton dan penggemarnya. Bola itu bundar siapa saja bisa terhanyut dalam kejutan di setiap detik permainan sepak bola. Semoga bermanfaat dan Anda bisa jadikan ini sebagai sebuah makalah.

No comments:

Post a Comment